Disamping keuntungan-keuntungan, e-commerce juga memiliki kelemahan-kelemahan yaitu sebagai berikut :
- Meningkatkan Individualisme, pada perdagangan elektronik seseorang dapat bertransaksi dan mendapatkan barang/jasa tanpa bertemu dengan siapapun,
- Terkadang dapat menimbulkan kekecewaan, apa yang dilihat di layar monitor komputer kadang berbeda dengan apa yang dilihat secara kasat mata,
- Masih lemahnya hukum yang mengatur bisnis e-commerce ini,
- Belum ada standar kualitas, keamanan dan reliability yang diterima secara universal..
- Banyak penjual dan pembeli menunggu e-commerce stabil, sebelum mereka terlibat di dalamnya.
- Penolakan pelanggan untuk berubah dari toko nyata secara fisik menjadi toko virtual. Orang belum begitu percaya terhadap transaksi tanpa tatap muka secara langsung.
- Persepsi bahwa e-commerce mahal dan tidak aman.
- Jumlah penjual dan pembeli yang tidak mencukupi untuk keuntungan operasi e-commerce
- isu security
- Pembajakan kartu kredit, stock exchange fraud, banking fraud, hak atas kekayaan intelektual, akses ilegal ke system informasi (hacking) perusakan web site sampai dengan pencurian data.
- Ketidaksesuaian jenis dan kualitas barang yang dijanjikan,
- Ketidaktepatan waktu pengiriman barang
- No cash payment
- Indonesia belum memiliki perangkat hukum yang mengakomodasi perkembangan e-commerce.
- Masalah kultur, yaitu sebagian masyarakat kurang merasa puas bila tidak melihat langsung barang yang akan dibelinya.
sumber :
http://vially20.wordpress.com/makalah-e-commerce/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar